Jumat, 27 Desember 2013

Hidup Manis Seperti Lebah Madu

Gilang adalah temen sekolah gue yang dulu suka gue bully-bully. Ngga, gue bukan maniak. Dulu gue suka iri karena dia selalu bisa beli mainan terbaru. Sedangkan gue, gue harus ngumpulin uang jajan 2 hari untuk beli nasi soto yang dulu harganya 2000-an. Mungkin kalau sekarang, 2000 perak juga udah bisa beli nasi soto, tapi ngga dapet ayam, kuah, sama pelengkapnya.

Balik ke cerita, tadi siang, sebelum solat jumat, gue ketemu dia di warung kopi, lagi bawa anak kecil. Dan hal yang paling dulu gue tanyakan adalah: “Loh, lang.. sejak kapan punya anak?” tapi gue liat-liat mukanya ngga mirip sama sekali. Dan dia nyaut “Heh, ini ponakan. Mau main game online bareng ntar.” Katanya. Terus gue tanya lagi “Oh, emang sebelum main mau kemana? Pengajian? Kok pake baju muslim gitu?” dia jawab, “Loh mau jumatan, emang kamu ngga jumatan?” efek dari libur memang hebat, gue dibikin ngga sadar bahwa hari ini adalah hari jumat. Gue ngeles “Iya, ntar di  deket rumah. Ceramahnya enak. Hehe.”

Dari dulu, dia memang demen banget ngomong, gue terjebak obrolan 15 menit disini. intinya Gilang ngomong, orang tua dia sekarang udah ngga usaha lagi, mereka sudah tua, harta nya juga udah habis dimakan waktu. Karena dia ngga mau ngerepotin orang tuanya, dia ikut Tantenya, tinggal di rumah tantenya, tapi juga disuruh jaga anak tantenya yang masih kelas 5 SD. Dia juga bilang, kalau kita mau mandiri, kita harus tidak tergantung sama orang yang pernah ngerawat kita. Bukan hanya untuk mandiri, tetapi juga jadi contoh buat yang lain. Gue ngowoh, belum di masjid, gue udah dapet kotbah. Untung gue ngga solat jumat disini sekalian. Adzan pertama solat jumat pun berkumandang, gue anter dia ke masjid deket sini.


Di perjalanan menuju masjid deket rumah gue, gue pun inget-inget pas gue masih se-SD sama Gilang, pas pelajaran IPA, gue dijelasin cara lebah madu bertahan hidup. Iya.. intinya, lebah madu itu terbang ratusan kilo meter untuk mendapat sari bunga. Nah, lebah madu ini ngga ngabisin sari bunganya untuk dirinya sendiri. Lebah itu nyisain sari bunga untuk bunganya, biar bunganya bisa tumbuh lagi. Lebah juga ngga mau generasinya punah karena sari bunganya abis dan bunganya ngga tumbuh lagi. Kalau si bunga udah tumbuh, ntar dibuat bertahan hidup lagi buat lebah generasi selanjutnya. Dan ntar kalau udah mati, mereka meninggalkan hasil, yaitu madu.


Sama kaya Gilang, (misalnya) kalau Gilang udah ngga ada, anak-anaknya kelak yang akan menurunkan sifatnya Gilang ke orang lain. Gue liat-liat, Gilang sama lebah madu itu sama. Gimana bisa gue mikir gitu? Karena mereka sama-sama rela untuk melepaskan “rasa” ternikmatnya, untuk yang lain. Dan dirinya sendiri. Gue juga mesem sendiri sama pikiran gue, apa hubungannya gilang sama lebah madu.. tapi kalau gue hubungin-hubungin lagi, itu memang berhubungan. Lama gue mikirin si Gilang dan lebah madu ini, sampai-sampai gue ngga merhatiin kotbah jumat di masjid tempat gue solat Jumat.


insp: @radityadika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar