Sabtu, 15 Maret 2014

Hidup Itu Progress

Mungkin yang baca blog gue bosen karena gue suka bahas hidup. Tapi gue ngga tau kenapa, gue suka bahas hidup, karena menurut gue hidup itu suatu hal yang harus diabadikan, dengan cara diceritain. Kenapa? Karena kita ngga abadi.


Hari ini capek dan seneng dalam hidup gue kecampur jadi satu. Karena sekolah gue ngadain konser band reggae, Heavy Monster. Musik reggae itu keren, walaupun ngga ngerti lagunya, tapi tetep bisa dinikmati. Di dalam konser yang meriah, seorang temen gue namanya Robi, joget joget sama cewe. Robi adalah temen gue yang cupu soal cewek, sama kaya gue...tapi masih cupuan Robi. Gue liat dia dari jauh apakah yang diajak Robi dansa itu cewe tulen, ternyata bener, itu cewe tulen. Dan dia becanda-becanda sama cewe itu.


Tiba-tiba Robi nyamperin gue, dia tanya “Ayo kedepan, Mod.”
Gue jawab “Ntar, gue agak pegel, lo aja duluan.”
“Yaudah, disini dulu aja, gue juga agak capek” jawabnya.
Setelah agak lama, gue coba tanya. “Bik, itu cewe yang kapan itu lo incer bukan?”
Dia jawab “Iya kenapa Mod?”
“Ngga papa sih, tanya aja. Keren lo, dulu lo cuma simpenin fotonya, sekarang bisa gila-gilaan bareng. Ngga lo tembak?”
“Haha.. iya, Mod. Tembak? Ntar aja nunggu lebaran kambing, masih loading.”
“Bisa aja lo.”



LOADING. Kata-kata yang mungkin masih ketempel di otak gue. Gue mikir, mungkin jika gue mengingat sosok pelatih mantan club kesayangan gue, Manchester United, gue jadi ngerti kata loading. Moyes? Bukan, bukan Moyes. Tapi Sir Alex Ferguson. Dibebani Manchester dengan status liga hampir degradasi, dan hampir dipecat gara-gara ngga pernah juara. Now? He’s Legend, dari fans 0 sampe bejibun. MU bisa ngga jadi degradasi karena doi. MU sampe sekarang masih berada di Premier League, dengan mengantongi piala se-kontainer berkat SAF. Karena apa? Karena dia memulai sesuatu dari bawah, loading sampai ke atas dengan ngga mudah, balik kebawah lagi, loading lagi, dan seterusnya.


Selesai konser dan mikirin MU-nya, gue balik ke rumah dengan pegel. Secangkir kopi dan film kayanya bisa ngembaliin mood gue. Terlihat mak gue yang tiduran sambil FBan di kasur nya.
Gue pangil, “Mak.”
“Apa Mod?” jawabnya sambil nge-scroll-scroll beranda FBnya.
“Mama kok bisa nikah sama Bapak ceritanya gimana sih? Emang bapak dulu pinter ya?”
HPnya di taruh dan ngelepas kaca mata. Menghela nafas, dan bilang “ya gimana ya Mod, bapakmu itu ngga pinter lho padahal”
Hal pertama yang ada di pikiran gue adalah “Bapak gue udah kaya gitu, ngga pinter. Terus nikahin mak gue doi habis menyan berapa kilo ya.”
“Ya emang  jodoh Mod, kenapa kok tiba-tiba tanya gitu?” lanjutnya.
Gue jawab “Ngga papa mak, temenku lho udah banyak yang punya pacar. Yang cupu aja udah punya gebetan, cakep lagi. Aku? Dapetin temen cewe aja susah. Ada yang udah enak jadi temen, tapi ngarep jadi pacar. Pas jadi pacar, ditinggalin. Ada juga yang ngga niat, diajak serius katanya mau fokus UNAS.”
Mak gue ngakak, terus ngomong “Mod Mod, Hidup Itu Progress. Ngapain ribet-ribet ngurusin? Yang perlu itu doa biar dapet pacar. Kalo orang yang kamu minta ngga dateng juga, mungkin kamu dapet orang yang berdoa minta kamu. Kamu masih muda, nikmatin aja. emang kamu kebelet nikah?”
“HAH? ENGGAK MAK! Iya sih mak, tapi dari dulu yang aku pengin itu sahabat cewe.”
“Mama dulu ngga pernah ngomong sama bapak malah. SMA aja ngga pernah tatap muka walaupun sekelas. Kita ketemu di jalan, dan akhirnya kita bisa akrab sendiri. Aku lihat bapak mu itu punya tanggung jawab. Ya udah, sampe sekarang ini hasilnya. Bertahap Mod”


Gue ngowoh, apa yang gue amati dari temen gue Robi, Sir Alex Ferguson, dan Mak gue itu berhubungan. Intinya hidup itu cuma menikmati progress, Tuhan ngasih loading dengan cara memberi sedih pada kita, kalau ngga ada sedih, bahagia rasanya cuma gitu-gitu aja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar