Minggu, 27 April 2014

Adegan Film yang Ngga Perlu-Perlu Banget Disensor

Gue semenjak bulan puasa tahun lalu, udah jarang nonton TV. Gue malah nganggep TV itu sebagai radio. Mau gimana lagi, gue maen laptop/HP sedangkan Mak sama Bapak gue nonton TV, gue Cuma dengerin si TV, acara TV yang paling bisa gue nikmatin cuma Indonesian Idol. Karena apa? Karena gue cuma menikmati suara. Btw, gue bukan buzzer Indonesian Idol... Bukan.

Gue juga sempet bilang ke mereka “Pak, mak, ngga bosen apa nonton TV?”
Bapak gue malah jawab “Lha kamu baca twitter terus opo ngga bosen Mod?”
Kampret, gue ngga bisa jawab lagi. Mau gue jawab, gue ntar dikira anak yang murtad.

Ngga tau kenapa acara TV sekarang menurut gue ngga ada yang bermutu. Mungkin acara TV udah ngebosenin menurut gue. Mulai dari joget masal kaya orang leokimia, hipnotis orang sampe kejang, sampe bagi-bagi kuis yang hadiahnya ngga pernah gue dapetin. Mungkin acara TV yang bisa dan pantes dilihat adalah Spongebob, itu pun gue ngga sempet nontonnya karena tabrakan sama jam gue masuk. Selain spongebob, film-film box office juga bisa dilihat, tapi udah ngga seru lagi. Karena apa-apa disensor. Coba kalau The Raid : Berandal itu tayang di TV. Mungkin filmnya Cuma 10 menit. Padahal menurut gue ngga semua film itu butuh di sensor. Contohnya...

1)      Adegan Kiss


Well, cepat atau lambat manusia akan mengalami yang namanya akhil baliq. Yaitu bertumbuhnya dewasa. Adegan kiss menurut gue bisa mengajari anak-anak seks dini. Mengajari, bukan melakukan.....
Tentunya dengan bimbingan orang tua, anak-anak harus diajari dengan siapa mereka melakukan itu, kapan boleh melakukan itu, dan dimana boleh melakukan itu. Tapi mungkin lembaga sensor Indonesia otaknya rada cetek, adegan kiss dipotong, di rumah bokepan.


2)      Adegan ngerokok


Ngga usah disensor, semua bakal tahu apa itu rokok. Gimana bentuknya, gimana pakenya. Dari mana mereka tahu? Tentunya dari orang-orang sekitar. Tertarik atau bukan itu masalah lain, buktinya masih banyak yang ngerokok walaupun banyak warning “Merokok dapat membunuhmu”, mungkin orang-orang yang baca itu sama aja kaya ngasih peringatan “Jangan berenang, nanti basah”.


3)      Adegan orang ditembak


Mungkin emang aneh kalo gue ngomong adegan itu ngga perlu disensor, tapi menurut gue emang ngga perlu. Tapi secara tidak langsung, itu ngajari kalo di tembak itu ngga nyebabin apa-apa. Sama aja ngajarin yang ngga bener.  Kembali lagi ke orang tua, kita juga harus mengatakan bahwa itu ngga ditembak sungguhan. Itu pake tembak mainan. Namanya juga pilem.



4)      Ngomong kasar (pake bahasa asing)


“Bitch”, “Fuck”, “Shit”, “Bastard”, KENAPA HARUS DI SENSOR, KISANAK? Mungkin generasi kedepan ngga bakal ngerti apa artinya kata itu. Kata eksplisit itu menurut gue juga harus diajarin, tapi dengan bahasa asing. Supaya tau artinya, dan ngga ngomong kata itu di sembarang tempat. Coba kalau anak kita ngomong ngomong ke orang asing “Are you son of bitch?” bisa-bisa digampar. Padahal Cuma tanya “Apakah kamu anak pantai?”


5)      Adegan pake bikini


Menurut gue ya ngga perlu aja disensor sih. Hehe.. hehehehe.. hehe.. he.. he..


Yak itu semua adegan TV yang menurut gue ngga perlu di sensor. Tapi semua juga tergantung orang tua sih...tergantung anaknya juga. Gimana bisa mengajarkan semua itu dengan baik ke anak kecil atau orang yang lebih muda.Yipesss, sekian dari gue, seperti biasa, ngga niat ngajarin, Cuma pengen berbagi. See you!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar