Senin, 23 Juni 2014

Jangan Malu Bilang "Kangen"


Mak gue adalah seorang yang jenius di bidang persambelan. Yup, sambel bikinan beliau bisa bikin nafas gue mengandung zat nikotin. Sangking pedesnya, setelah 5 menit makan sambel itu gue bisa aja ngalahin Usain Bolt buat lari ke kamar mandi.
Bukan Cuma sambelnya, sayur awesome, gado-gado, sama opor ayam bikinan mak gue adalah alasan gue kenapa betah di rumah.

Suatu hari, pembantu gue keluar karena anaknya udah kerja, jadi ngga ada yang nemenin mak di rumah. Setiap gue pergi, mak gue selalu bilang ke gue “Jangan pulang malem-malem lho Mod” dengan nada melas ke gue. Gue jadi ngga tega, tapi... lama-lama ngga dibolehin mak pulang malem gue juga agak kesel.

Pernah kapan itu, pas gue diajak nonton sama temen gue, gue pulang agak maleman, kakak gue kerja, bapak gue juga kerja. Mak gue sendiri, Cuma sama nenek gue. Sampe di rumah, gue lihat bapak gue mekangkang 2 meter, nungguin gue. Udah kaya chef Juna. Gue ditanyain kemana aja gue, gue jawab kalau barusan nonton. Beliau Cuma bisa ngelengkungin bibirnya ke bawah. Gue emang salah, tapi gue bosen ngga bisa kemana-mana karena gue ngga bisa keluar sampai malem.
Setelah kejadian itu, siklus sehari-hari gue jadi sibuk banget, gue sibuk bangun-sekolah-pulang-maen PS-tidur. Bener-bener sibuk.

 Gue juga jadi jarang masakan mak gue karena gue sarapan di sekolah dan makan siang di sekolah juga. Sampai setelah liburan, gue berniat ke Jakarta untuk liburan, ngapain ke Jakarta? Gue pernah posting disini.
Ngga Cuma liburan, gue ke Jakarta juga mau ngebuktiin kalau gue ngga bakal kangen sama orang tua gue, di rumah juga ada pembantu baik baru dan gue ngerasa aman karena mak gue ada yang jagain. Gue emang sempet bete sama mak gue, tapi gue ngga bisa kalau berhenti peduli. Dan gue juga sengaja isi pulsa agak banyak biar bisa SMSan sama mak gue kapan aja.

Tiba di Jakarta dengan ganteng, gue nginep di rumah om gue. Seperti biasa, tidur gue ngga nyenyak kalo belum geser-geser timeline twitter. Udah 2 jam gue scroll-scroll timeline sampai jempol gue varises, ngga tidur-tidur juga, gue panik, padahal besok gue harus berangkat jam 12 ke MEIS, ancol. Jam 2 pagi gue coba telpon rumah, mastiin mak gue ngga kenapa-kenapa.

“Halo.. mak?”
“Opo Mod?”
“Lagi opo mak?”
“Lagi clubbing iki Mod. Yo tidur Mod.”
“Lah kok bisa nerima telponku?”
“Bla..bla..bla..”

Setelah obrolan singkat dan absurd sama mak gue, gue akhirnya bisa ngerasain ngantuk.
Besoknya, gue sarapan di luar, gado-gado Jakarta. Agak aneh sih, gado-gado pakai pare. Setelah gue makan setengah, gue inget gado-gado bikinan mak yang lebih banyak tempenya daripada lontongnya. Gue mencoba untuk ngga kangen mak gue, sehari aja... masa ngga bisa. Siangnya gue harus berangkat ke MEIS, pas siap-siap, ada yang aneh, Jam tangan gue lupa gue taruh mana. Gue keceplosan “Maaak?! Jamku mana mak?”

Oke, gue fixed kangen sama mak gue. Kayanya gue ngga bisa kalau seharian ngga lihat mak gue.

Singkat cerita, gue pulang dari Jakarta, mak gue nunggu gue di bandara. Gue lihat mak gue celingak-ceinguk kaya mau nyolong mangga tetangga. Gue lari ke mak gue, dan gue langsung peluk sama cium pipinya. Terus gue bilang “Maaak.. kangen.” Pagi itu udah kaya FTV yang syutingnya di bandara. Entah kenapa, gue ngga malu. Gue akuin emang kangen sama mak gue. Badan gue emang kaya Kaiju, tapi hati gue selembut salju. Akhirnya gue sekeluarga makan bareng dan ngobrol-ngobrol ngapain aja selama gue di Jakarta.

Dari cerita di atas, gue Cuma pengen bilang. Jangan malu-malu bilang “Kangen” sama orang yang lo sayang, karena ngga ada ruginya, dan lega banget ketika lo ngga nyimpen-nyimpen perasaan kangen lo itu. Gengsi? Persetan dengan gengsi kalau yang digengsiin itu bisa bikin lega. Ngungkapin kangen bukan cuma ke pacar/gebetan, bisa juga saudara, nyokap, bokap, atau eyang-eyang lo. Menurut gue pada dasarnya Rasa kangen itu lucu. Dia bisa meluluhkan orang se-kejam Hitler, jadi se-bodoh Patrick.


Yak, semoga postingan gue bermanfaat. Gue Cuma pengin berbagi pengalaman gue. Akhir kata, see you next post!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar