Senin, 21 Oktober 2013

Apa Susahnya Menghargai Orang Lain?


Sebenernya gue masih heran sama sebagian orang, mereka kalau ngomong suka se-ikhlasnya udel. Entah apa yang ada di pikiran orang-orang, kalo ngomong suka Afgan banget. Menurut gue, jadi orang baik itu ngga perlu bangun tempat ibadah atau panti asuhan yang besar, semua itu bisa di lakukan dari hal yang paling kecil. Menghargai orang lain misalnya. Menghargai orang lain itu juga ngga perlu pasang lencana merah putih di baju dan hormat-hormat ke orang itu. Bilang “permisi” dengan nada yang baik misalnya, itu orang udah respect elo. Beda lagi dengan orang yang tiba-tiba lewat dan nyamber “awas, minggir!”, kalau gue jadi orang yang digituin, gue malah nyolot dan bilang “minggir? Lo kira jalan punyanya moyang lo?”

Beberapa hari lalu, pas gue bad mood, pas gue bukan diri gue sendiri, gue dipancing sama temen gue, seketika dia nyobain masakan gue dan doi bilang “Ini makan atau air kobokan?” Asli ngga punya ati. Mulut satu aja bisa bikin sakit ati, gimana mulutnya kalau ada dua?
Tau kok gue itu cuma bercanda, tapi kelewatannya ngga masuk akal. Gue ngga mau dan ngga suka memperkeruh masalah, gue cuma bisa ninggalin tempat dan berharap emosi gue ngga meledak disitu. Gue mah gitu, sakit disimpen sendiri, tapi kalo meledak ya siap-siap aja.

Dari sekian banyak orang yang baca tadi *iya kalau ada yang baca*, pasti ada yang mikir “Ya kan itu pendapat orang lain Mod, masa ngga mau dikritik?” masalahnya ini bukan masalah kritiknya, ini cuma masalah ngehargain orang lain. Toh misalnya itu kritikan, dia juga ngga beli masakan gue, kecuali dia beli masakan gue, boleh banget di kritik kalo emang ngga enak.

Gue orangnya ngga suka dipuji, pun ngga suka dicela. Gue juga pernah ngerasain masakan temen gue yang standar, tapi ya masa gue harus bilang “Ih, ini masakan atau air jamban?”. Bayangin karya lo yang di cela?

Kalau kamu ngga bisa memuji, sebaiknya diam. Kalo kamu ngga bisa diam, janganlah mencela.


Kita ini manusia, berlaku baik kepada manusia tidak-lah sia-sia. Yap, ini lagi-lagi post pendek gue tentang opini gue yang bisa gue share, semoga bermanfaat untuk yang membaca. J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar