Selasa, 06 Agustus 2013

"Minder"

Akhir-akhir ini, gue mulai mengidolakan sosok dalang bernama Sujiwo Tejo, entahlah kenapa baru akhir-akhir ini. Gue suka dari ocehan dia di twitter, tulisan dia di buku, sampai lagu-lagu dia yang gue denger di yutup, bikin adem rasanya.
Dia berani berpendapat, berpendapat dengan masuk akal yang gue maksud disini. Dia berani ngawur, tapi ngawur karena benar.
Gue suka salah satu ulasan dia di buku Dalang Galau Ngetwit bagian “Minder”, gue setuju karena gue pernah ngalamin hal yang sama seperti doi.


“Semakin kamu nggak pernah sombong,
semakin kamu jarang minder.”

Yup, gue setuju 100% tentang ini. Di bagian ini, dia menjelaskan bahwa banyak orang minder. Amerika contohnya, mereka keok di Vietnam, tapi sok jagoan dengan bikin film Rambo. Dan semua orang keplok-keplok.

Menurut gue sendiri, minder bisa diartikan banyak arti. Misalnya temen lo punya gadget terbaru, dia nunjukin ke elo, nah tiba-tiba elo kepengen tanpa alasan. Atau malah elo pingin beli gara-gara ngga mau kalah sama temen lo.

Tapi mikir lo jangan se-dangkal itu. lo boleh kok beli kalau emang lo butuh, dan yang jelas tanpa rasa pamer. Misalnya, gue punya android karena gue hobi edit-edit foto, gue sendiri lihat temen gue yang bisa edit foto se-enak udel. Nah, disini gue nyalurin hobi gue.
Oke lanjut, gue nulis ini, karena gue mau cerita bahwa minder itu ngebuat orang mudah down. Dan rasa minder itu ada di teman-teman atau orang yang kita kenal. Atau bahkan ada di dalem diri lo sendiri?

Sedikit cerita, gue pernah ngobrol sama orang asing dari Norwegia. Dia customer di hotel gue tempat gue kerja. Dia masuk ke kitchen gue dan bertanya-tanya tentang hotel, katanya dia orang Indonesia itu ramah. Dia berbahasa Inggris dengan lancar. Gue ngobrol bahasa Inggris dengan doi, ya gimana ya... Grammar gue juga macem orang maen lumpur. Belepotan. Gue mencampur ocehan dengan bahasa tubuh dan gerakan dengan tujuan dia mengerti. Tapi dia juga nggak ngetawain atau ngehina gue tuh, dia malah asyik dan excited.

Tapi beda sama temen gue, di twitter gue kan sering ngetwit dengan bahasa Inggris. Nah pas gue ngetwit pakai bahasa Inggris, grammar gue belepotan, dan di benerin dia. Oke, gue pikir ngga masalah kalau ada yang di betulin, gue sekalian belajar. Ngga berlangsung lama, suatu hari dia ngetwit:

 “Kalo nggak bisa berbahasa Inggris dengan grammar yang bener, mending nggak usah ngetwit.”

Itu sama aja elo nyobain masakan temen lo dan bilang

Kalo nggak bisa masak rawon, nggak usah masak rawon.”

Emosi nggak? Cuma tapir murtad yang ngga emosi kalau di gituin. Well, ngga satu-dua orang yang gitu ke gue, gue pertama nanggepin serius, emosi.
 Tapi setelah gue baca prihal “Minder” tadi, gue jadi ngga takut ngetwit pake bahasa Inggris belajaran gue. Dan meyakinkan kalau gue dicela sama orang minder.
Gue jadi inget Alexander Thian pernah ngetwit kurang lebih isinya gini

Apapun yang elo lakuin, sebaik apapun elo, pasti ada orang yang nggak suka sama elo.”

So? Apakah elo termasuk orang yang minder?


Oke sekian dulu yah postingan gue tentang Minder ini, ketemu di next post. Bubye!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar